Teknologi berperan penting di dalam dunia fashion – terutama dalam proses produksi, presisi, dan inovasi fisik. Hal tersebut sangat esensial untuk mendorong fashion menuju masa depan yang lebih inovatif, efisien, dan inklusif.
Sinergi teknologi dan fashion disaksikan langsung oleh The Societies melalui pertunjukan mode spektakular bertajuk “Fragment of Anomaly” di pagelaran akbar Jakarta Fashion Week (JFW) 2026 yang didukung oleh Official Smartphone Partner JFW 2026, Infinix. Partisipasi tahun ini ditandai dengan peluncuran kampanye “Jadiin Style Lo” yang menjadi anifestasi artistik dari eksplorasi identitas generasi muda di era digital di dalam show tersebut.

Eksplorasi gaya tampak dari kolaborasi lintas disiplin unik yang memadukan estetika kontras empat brand fashion lokal terkemuka yang terdiri dari Danjyo Hiyoji, Othman Id, Callie Homme, dan PEAU. Menambah kesan dramatis selain dari desain pakaian, eksplorasi robotika dan seni performatif dari komunitas RATS (Robotics Art Technology and Science Performative) seolah-olah memberi gambaran utopia masa depan di mana teknologi berperan penting di sejumlah aspek kehidupan – termasuk seni berpakaian.
Melalui sinergi fashion dan teknologi, “Fragment of Anomaly” menampilkan disrupsi visual yang inovatif, yaitu dengan menggabungkan teknologi, gerak, dan sains yang memadukan tubuh manusia dan mesin. Singkat kata, fashion show ini adalah tentang menyatukan berbagai potongan gaya yang berbeda untuk merayakan identitas autentik.
Kesan futuristik tampak dari koleksi “The Aftermatch” persembahan Danjyo Hiyoji. Menawarkan gaya futuristik dan teatrikal, koleksi ini menyeimbangkan kekuatan dan kelembutan melalui Siluet longgar, penggunaan material ringan, detail eksperimental yang didominasi palet warna hitam dan putih yang menambah kuat kesan teknologi yang mutakhir di masa depan. Gaya klasik dengan sentuhan kemewahan modern ditampilkan OTHMAN melalui “Eternal Elegance”. Pesona klasik yang timeless dengan craftsmanship tinggi dihadirkan melalui berbagai pieces seperti celana pipa lebar dan jaket berpotongan lurus yang memiliki siluet longgar.
Efisiensi yang berhubungan erat dengan teknologi ditonjolkan oleh brand Callie Homme yang menghadirkan ragam koleksi menswear yang halus dan fungsional melalui “Refine Code”. Koleksi ini mengutamakan aspek ketenangan dan desain fungsional yang dapat digunakan sehari-hari serta refined tailoring dengan potongan yang longgar namun presisi. Kekuatan dan kebebasan bergerak ditampilkan PEAU melalui koleksi “Nomadic Ease”. Merefleksikan ketenangan di tengah dinamika hidup, perpaduan material seperti kulit, wol, dan tekstur ular (snakeprint) memberi kesan seimbang melalui interpretasi fashion antara kekuatan dan ketenangan di zaman serba canggih ini.

“Lewat ‘Fragment of Anomaly’ di Jakarta Fashion Week 2026, kami ingin menunjukkan DNA Infinix sebagai brand teknologi yang dekat dengan fashion dan ekspresi anak muda. Kolaborasi dengan empat desainer terkemuka dan R.A.T.S Lab ini jadi wujud semangat ‘Jadiin Style Lo’, menyatukan teknologi, gaya, dan futurisme dalam satu panggung kreatif,” ujar Sergio Ticoalu, Head of Marketing Infinix Indonesia.
Svida Alisjahbana, CEO GCM Group dan Chairman Jakarta Fashion Week, menyambut baik sinergi tersebut dan menekankan nilai positif dari kolaborasi fashion dan teknologi. “Fashion tells stories; technology amplifies them. Together with Infinix, Jakarta Fashion Week celebrates creativity that connects tradition, innovation, and the pulse of a global generation,” tutur Svida.
Jalaludin Bulqini selaku Director dan Visual Artist RATS, mengungkapkan antusiasmenya terhadap ruang eksperimen yang diberikan Infinix. “Tema ‘Fragments of Anomaly’ sendiri menjadi refleksi tentang hubungan manusia dan teknologi, tentang bagaimana harmoni bisa tercipta di antara ketepatan mesin dan spontanitas manusia. Melalui karya ini, kami ingin menunjukkan bahwa teknologi pun dapat menjadi medium yang puitis dan penuh emosi,” ujarnya.

Selama JFW 2026 yang berlangsung pada 27 Oktober hingga 2 November 2025 lalu, Infinix turut menghadirkan berbagai program menarik seperti promo khusus, hadiah eksklusif dan beragam aktivasi seperti instalasi digital, workshop desainer, program Blind Box berhadiah terbatas, serta kolaborasi merchandiseedisi khusus dengan ONIC Esports yang menggabungkan duniaesports dan fashion.
