Ketika berbicara mengenai fashion show, hal tersebut identik dengan pagelaran yang terkesan serius dan dipenuhi oleh deretan model bertubuh langsing yang berlenggak-lenggok di atas catwalk. Hal tersebut seakan sirna ketika kita menyaksikan peragaan busana “Tokyo Girls Collection” (TGC) yang berasal dari Jepang.
Sebagai festival mode ikonis asal Negeri Sakura yang telah sukses selama lebih dari dua dekade, TGC dikenal luas karena menggabungkan mode, musik, budaya populer, dan hiburan dalam satu panggung berskala besar. Di Jakarta, semangat tersebut diteruskan melalui format pertunjukan inklusif yang memfasilitasi perempuan dari berbagai latar belakang untuk mengekspresikan jati diri, kreativitas, dan potensi mereka.

Mengusung konsep inklusivitas yang menjadi DNA dari TGC, “KAO presents TGC Jakarta 2025” resmi menggelar puncak acara Final Show Spektakuler bertema “A Stage for Every Woman to Shine”. Acara ini digelar pada 5-6 Juli 2025 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, sekaligus menandai kehadiran perdana Tokyo Girls Collection (TGC) di Indonesia.
Di puncak acara, pagelaran busana ini menampilkan Final Show spektakuler beragam koleksi eksklusif dari empat desainer mode kenamaan Indonesia: DANJYO HIYOJI, Hartono Gan, Tities Sapoetra dan Monique Soeriaatmadja. Setiap desainer memamerkan koleksi khas mereka yang dipadukan dengan penampilan musisi papan atas seperti Lyodra,Vidi Aldiano dan Audrey Tapiheru menciptakan pertunjukan yang menyinergikan mode dan musikal secara harmonis.

Selain parade fashion show dari para desainer populer tanah air, pertunjukan musisi dari Jepang menambah kemeriahan suasana panggung TGC Jakarta 2025. Grup idola asal Jepang, FRUIT ZIPPER yang beranggotakan tujuh personel (Amane Tsukiashi, Karen Matsumoto, Mana Manaka, Yui Sakurai, Noel Hayase, Luna Nakagawa dan Suzuka Chinzei) mengusung konsep “From Harajuku to the World” dan membawakan lagu hits mereka seperti “Watashi no Ichiban Kawaiitokoro”. FRUIT ZIPPER sendiri merupakan bagian dari proyek KAWAII LAB milik agensi ASOBISYSTEM, yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya pop Jepang ke ranah global.
Panggung acara terasa semakin ‘hidup’ ketika content creator dan YouTuber ternama asal Jepang yang dikenal melalui konten bertema Harajuku, ASMR makanan manis, serta video tarian – Shinako, tampil enerjik di atas panggung pada hari kedua. Selebriti dengan 1,28 juta subscriber di YouTube ini mengajak penonton menari melalui berbagai lagu bertema sweet treats seperti “Marshmallow Punch” dan “GUMIQUNPRINCESS”. Kehadiran dua figur populer dari Jepang ini semakin memperkuat semangat “KAO presents TGC Jakarta 2025” dalam merayakan keberagaman budaya pop dan memperkuat jembatan kreativitas antara Indonesia dan Jepang.

Semangat inklusivitas juga tampak melalui program talent scouting di lima kota besar: Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan yang berhasil menjaring lebih dari 1000 talenta muda. Tidak hanya berdasarkan tampilan visual, seleksi ketat dilakukan berdasarkan karakter, orisinalitas, dan potensi berkembang. Sebanyak 20 perempuan terpilih mendapatkan kesempatan langka untuk tampil di atas runway bersama para desainer terkemuka dalam Final Show Spektakuler.
“Selama lebih dari dua dekade, kami telah menciptakan acara yang inklusif dan interaktif, memadukan mode dengan hiburan. Kami sangat antusias bisa menghadirkan pengalaman serupa dengan sentuhan lokal Indonesia. Jakarta dipilih sebagai lokasi perdana karena merupakan pusat komunitas kreatif nasional dan titik awal strategis untuk membangun gerakan yang inklusif,” tutup Yukiko Ikeda, Executive Officer Chief Producer W TOKYO INC, penyelenggara TGC Jepang.