“The Legacy of Style”: Jakarta Fashion Week 2026 Hadirkan Perayaan Warisan Budaya

2 min read

Jakarta Fashion Week (JFW) telah diselenggarakan secara konsisten selama bertahun-tahun, menjadikannya platform teruji yang memiliki kredibilitas tinggi di mata pelaku industri, media, dan buyers (pembeli) internasional. Untuk ke-18 kalinya, JFW akan diselenggarakan selama sepekan penuh, mulai dari 27 Oktober hingga 2 November 2025, bertempat di Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Pengumuman resmi Jakarta Fashion Week 2026 disampaikan dalam acara Kick-off Press Conference pada 21 Oktober, berlokasi di Osteria GIA, Pondok Indah Mall 2, Jakarta.

Mengusung tema “The Legacy of Style”, ajang ini menghadirkan perayaan akan warisan budaya, kreativitas tanpa batas, serta keberagaman dan inovasi dalam industri mode Tanah Air. “Tahun ini, Jakarta Fashion Week menyoroti makna warisan gaya sebagai identitas dan ekspresi budaya. Melalui karya para desainer muda dan profesional, semangat ini menegaskan bahwa gaya bukan sekadar tren sesaat, tetapi jejak nilai, karakter, dan warisan yang hidup dalam setiap karya busana,”ujar Svida Alisjahbana, CEO GCMedia Group sekaligus Chairman Jakarta Fashion Week.

Courtesy of Jakarta Fashion Week

Tidak sekadar menghadirkan ajang fashion show, JFW 2026 juga berfungsi sebagai platform edukatif dan kolaboratif bagi para pelaku industri. Komitmen untuk memajukan mode Indonesia diwujudkan melalui berbagai inisiatif seperti Fashionlink, DEWI’s Luxe Market, Fashion Force Award, forum diskusi Center Stage, dan peragaan busana ikonis, DEWI Fashion Knights.

Andandika Surasetja, Creative Director Jakarta Fashion Week, menegaskan peran strategis JFW. “Jakarta Fashion Week telah menjadi perhelatan fashion paling berpengaruh di Indonesia yang menampilkan karya terbaik dari para desainer serta label mode nasional,” tuturnya. “Sebagai wadah kreativitas dan inovasi, JFW menjadi platform kolaborasi strategis antara para pelaku industri fashion, kreatif, dan bisnis. Melalui setiap perhelatannya, JFW tidak hanya menyoroti tren dan estetika, tetapi juga mendorong pertumbuhan, keberlanjutan, serta penguatan identitas fashion Indonesia di kancah global,” imbuh Andhika.

Courtesy of Jakarta Fashion Week

Jakarta Fashion Week 2026 terselenggara berkat dukungan penuh dari berbagai mitra strategis, termasuk Pondok Indah Mall (Official Venue Partner), Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta (Official Government Partner), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) (Official Banking Partner), POND’S Age Miracle, Buttonscarves Beauty, dan TRESemmé (Official Hair Care Product) sebagai Official Beauty & Skincare dan InterContinental Jakarta Pondok Indah (Official Hotel).

Selain itu, JFW 2026 juga berkolaborasi dengan mitra pemerintah daerah seperti Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kementerian Pariwisata, serta mitra internasional seperti TRANOI, KOCCA, CFDK, Accademia Costume & Moda, dan Istituto Europeo di Design – sehingga memperkuat koneksi mode Indonesia dengan pasar global.

You May Also Like

More From Author