Tahun ini, Synchronize Festival genap berusia satu dekade. Selama sepuluh tahun terakhir, Synchronize Festival tumbuh bukan sekadar menjadi festival musik semata. Menembus batas-batas kreativitas dan lepas dari zona aman, festival ini berhasil menghadirkan 700.000 penonton, lebih dari 5.000 musisi, 10.000 lebih publikasi media dan 30.000 lebih pekerja yang telah bahu-membahu mewujudkan sebuah festival yang sehat, berdaya, dan berpihak pada musik.
Manifestasi semangat kolaborasi tersebut diangkat dalam tema besar “Saling Silang” yang merupakan tema utama dari edisi satu dekade Synchronize Festival yang digelar di Gambir Expo Kemayoran pada 3, 4, 5 Oktober 2025. Tema ini lahir dari simbol sederhana angka romawi untuk sepuluh, “X” yang kemudian dimaknai juga sebagai tanda pertemuan lintas zaman, lintas genre, lintas energi.

Berpegang pada prinsip menjadi rumah bagi seluruh entitas musik Indonesia, dan mengesampingkan radar algoritma sebagai acuan utama, tahun ini Synchronize Fest menghadirkan deretan lineup menarik dan bermakna. Dengan subtema “Musik Indonesia Dulu, Kini, dan Nanti”, tahun ini Synchronize Fest diisi ratusan penampil yang menjadi representasi wajah musik Indonesia dan selingkar yang berada di sekitarnya.
Melalui panggung signature “OLENG UPUK”, “PANGGUNG GETARRR”, dan “GIGS STAGE”, Synchronize Festival menghadirkan deretan musisi lokal dengan beragam genre. Penampilan spesial tahun ini mencakup “Centil Era” (Astrid, Aura Kasih, Citra Scholastika, Shanty, She, Sinta dan Jojo, T2, Duo Maia, Naykilla – Music by Oomleo Berkaraoke); “Jatiwangi Art Factory”,“Haddad Alwi & Opick”, “Jakarta Movin & RAPOT Present Putar Kembali Ost. Film Indonesia”, “Nasida Ria & Mother Bank” dan “Riffmeister: The Legacy of Ricky Siahaan” (Amerta, Burgerkill, Komunal, Stepforward, Host:Arian13, Sammy Bramantyo, Edy Khemod, Soleh Solihun, Jill Van Diest, Fadli Aat).
“Para musisi menyadari pentingnya menghadirkan konsep spesial di sebuah festival. Banyak spesial program justru berangkat dari inisiasi musisinya, seperti “Tribute To Gusti Irwan Wibowo” datang dari Morad dan Pamungkas, The Adams yang tampil dengan Hornstar Big Band, kemudian konsep “Ambon Jazz Rock” gagasan Barry Likumahuwa, dan masih banyak lagi lainnya” ungkap Aldila Karina, Director of Communication Synchronize Fest.

Selain penampilan spesial, hadirnya “Guruh Gipsy” (Guruh Sukarno Putra, Keenan Nasution, Abadi Soesman, Bubi Sutomo, Yoes JF, Raidy Noor, Warman Nasution, Andy /Rif, Irang Arkad, Karisk, Daryl Nasution, Biko Nasution, Peter NL, Kompiang Raka, Gamelan Saraswati, Harry Murti) dan “Stadium All-Star” (Bobby Suryadi, Jacky, Zaldy Garcia) menjadi momentum untuk menyalakan mesin waktu dan menghidupi kembali sejarah yang punya jejak tebal dalam sirkuit musik nasional sampai hari ini.
Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-25 demajors, Synchronize Festival menggandeng kolektif seni kontemporer ruangrupa dalam sebuah kolaborasi yang mewujudkan semangat inklusivitas seni, di mana mereka menciptakan sebuah instalasi di Hall D2 JIEXPO yang memadukan musik dan seni rupa bersama puluhan perupa dari berbagai kota seperti ruangrupa (Jakarta), Tepian Kolektif (Berau), Taring Padi (Yogyakarta), Jatiwangi Art Factory (Majalengka),Katakerja (Makassar) dan Indonesia Art Movement (Jayapura).
Selain itu, mewujud komitmen terhadap lingkungan, Synchronize Fest tidak hanya mengelola sampah secara terpadu – tetapi juga mendorong pengunjung untuk lebih peduli dengan menyediakan fasilitas isi ulang air minum. Langkah ini diambil untuk menekan penggunaan botol plastik sekali pakai dan mendukung keberlanjutan.
Dalam kolaborasi terbaru, Synchronize Fest menggandeng Kredivo untuk menyediakan opsi pembayaran yang lebih mudah bagi pengunjung. Melalui program cicilan dan paylater Kredivo, pembeli tiket baru berhak mendapatkan diskon sebesar Rp150.000, sementara pengguna setia akan memperoleh cashback senilai Rp120.000 Kredivo Poin. Seluruh transaksi tiket dilakukan secara eksklusif melalui www.synchronizefestival.com.
Synchronize Fest 2025 turut didukung oleh beberapa sponsor panggung – diantaranya Orang Tua Group pada “District Stage”, Djarum dengan produk LA Bold pada “Forest Stage”, dan Kredivo pada “Oleng Upuk”. Beberapa sponsor pendukung lainnya Chitato, Pop Mie, Indomie, Indomilk Susu Steril, Lion Parcel, Jose Cuervo, Caffino, Guinness, Extra Joss Ultimate, Kopi Kenangan, AHM, serta didukung penuh persembahan warna oleh Puffin Paint.